Cara Melawan Jerawat




Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Jenis Jerawat

  a. Komedo

Komedo adalah nama ilmiah dari pori yg tersumbat, bisa terbuka dan bisa juga tertutup.
Komedo yg terbuka disebut juga sebagai blackhead, terlihat seperti pori yg membesar dan menghitam. Sebenarnya yang berwarna hitam itu bukan kotoran tetapi penyumbat pori yg berubah warna karena teroksidasi dengan udara. 
 
  b. Jerawat Batu
 
Nama ilmiahnya cyntic-acne, merupakan tipe jerawat yang paling parah, Penderita cystic-acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yg juga menderita jerawat jenis ini.
Banyak yang mengatakan jerawat jenis ini diakibatkan alergi baik terhadap debu atau makanan tertentu, namun secara medis dapat dikatakan hal ini disebabkan oleh kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab jerawat sangat minim. 
 
c. Jerawat Biasa

Jenis jerawat yang sering kita temui, berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.
Jerawat jenis ini disebabkan pori yg tersumbat terinfeksi bakteri. Bakteri ini bisa berasal dari dipermukaan kulit, bisa juga dari handuk, kuas makeup, jari tangan, masker dll.
 
     Mencegah jerawat tidak menjadi parah dan timbul komplikasi berupa infeksi sekunder, timbul jaringan parut atau bopeng serta keloid yang menetap dan sulit diobati akibat pengobatan yang salah (seperti pemencetan atau penusukan dengan jarum atau alat listrik yang tidak tepat).
 
     Mencegah timbulnya gangguan psikis berupa rasa rendah diri, malu, mudah tersinggung akibat keburukan wajah (karenawajah berjerawat, bopeng, kusam) yang sering mempengaruhi rasa percaya diri dan kepribadian sehingga sering berakibatburuk terhadap karier atau pergaulan intisers.

Hal yang Harus Dihindari Ketika Memiliki Jerawat

  • Memegang, memencet atau menggosok jerawat agar tidak terjadi infeksi sekunder yang sering mengakibatkan terjadi komplikasi berupa timbulnya noda dan cacat, bopeng atau keloid 
  • Hindari pemakaian kosmetik seperti pelembab atau moisturizing, day cream, night cream, foundation, cleansing cream yang akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori, pemakaian scrub yang akan mengakibatkan kerusakan kulit wajah dan mempermudah terjadinya infeksi sekunder yang akan memperburuk jerawat
  • Hindari pemakaian sabun anti septik atau medicated soap yang sering mengakibatkan kulit menjadi iritasi
  • Hindari membersihkan atau mencuci wajah dengan air panas
  • Hindari melakukan kegiatan termasuk olah raga di bawah sinar matahari yang terik yang dapat memperburuk jerawat
  • Hindari makanan yang banyak mengandung lemak
  • Atasi stress serta istirahat yang cukup
  • Berusaha melakukan buang air besar secara teratur setiap hari
Mekanisme Dasar Pengobatan Jerawat

1. Menghilangkan penyumbatan kelenjar lemak yang telah terjadi, oleh sebab itu para dokter Spesialis Kesehatan Kulit dan Kelamin selalu memberikan obat yang dapat mengelupaskan kulit yang kotor. Proses pengelupasan kulit ini bertujuan menghilangkan sel-sel kulit yang mati, sehingga dapat menghilangkan sumbatan kelenjar lemak yang merupakan akar
penyebab terjadinya jerawat, menghilangkan kekusaman wajah sehingga wajah menjadi cerah dan bersih. Proses pengelupasan kulit ini tidak selalu mengakibatkan penipisan kulit bila dilakukan dengan pengawasan dokter Spesialis Kesehatan Kulit dan Kelamin.
2. Bersihkan kulit wajah agar bebas jerawat
3. Menghaluskan kulit wajah yang telah rusak seperti noda atau flek dan cacat atau bopeng yang terjadi akibat pengobatan yang salah.